(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Resep Kambing Guling – Makanan yang di sajikan sebagai hidangan yang spesial dan istimewa di indonesia mempunyai banyak sekali masakan, salah satunya Kambing guling. Kambing guling adalah makanan khas timur tengah yang di olah dengan cara di panggang. Kambing guling adalah  masakan yang cukup ekstrim sekali, akan tetapi olahan kambing guling di timur tengah ini berbeda dengan yang lainnya yaitu daging kambing yang tidak di potong kecil-kecil langsung  di bakar.

Membikin kambing guling harus benar-benar mengerti dalam tahap pemanggangannya agar tidak gosong di luar sedangkan bagian dalam masih mentah. Khusus kamu para penyuka kuliner daging wajib mencobanya makanan ini, penasaran dengan rasanya? Ayooo…intip aja di bawah ini adalah resep kambing guling untuk anda dan keluarga anda

Resep Kambing Guling

kambing guling

Bahan-bahan Utama Membuat Resep Kambing Guling :

Bahan Olesan Untuk Membuat Kambing Guling :

  • Ketumbar sebanyak 260 gr, lembutkan
  • Biji pala sebanyak 2 sendok teh, lembutkan
  • Bawang putih sebanyak 270 gr, lembutkan
  • Minyak goreng sebanyak 80 ml
  • Lada bubuk sebanyak 1,2 sendok makan
  • Kecap inggris sebanyak 240 ml
  • Garam sebanyak 3 sendok makan
  • Gula merah sebanyak 220 gr
  • Kecap manis sebanyak 550 ml

 

Bahan Saus Membuat Kambing Guling :

  • Kecap manis sebanyak 240 ml
  • Bawang merah sebanyak 260 gr, rajang halus
  • Daun jeruk sebanyak 23 helai
  • Tomat sebanyak ½ kg, potong kecil kotak
  • Jeruk limau sebanyak 10 bh
  • Cabe rawit sebanyak 250 gr, potong panjang

Cara Membuat Kambing Guling :

1.Membuat Campurkan semua bumbu dan bahan, aduk hingga menjadi satu, masukan kedalam wadah dan sisihkan.

2.Untuk mengolah kambing guling, bulu pada kambing di bersihkan terlebih dahulu, potong bagian yang tidak di perlukan, bersihkan daging kambing dengan air bersih yang mengalir. Setelah bersih bagian tubuh kambing yang akan di panggang lalu olesi dengan bahan olesan lalu diamkan selama 3 jam agar bumbunya meresap.

3.Gantung badan kambing yang telah memakai bumbu dengan membentuk horizontal di atas bara api atau di atas alat panggang dengan jarak 60 cm.

4.Sambil di bolak-balik jangan lupa olesi dengan menggunakan bumbu olesan hingga matang.

5.Membikin saus kambing : Campurkan bumbu saus hingga menjadi satu bumbu, aduk hingga tercampur.

6.Setelah daging kambing matang, potong daging kambing sesuai ukuran yang kamu mau, lalu letakan di atas piring saji bersama dengan saus.

7.Kambing guling di nikmati

Manfaat Kambing Bagi Kesehatan

1.Menyehatkan jantung

Dalam 150 gram daging kambing, kurang lebih hanya mempunyai 1 gram kolesterol. Ini berarti daging kambing memenuhi baik untuk melindungi kesehatan jantung kamu dan menghindarkan kamu dari risiko kolesterol. Daging kambing juga bisa menurunkan menstabilkan ritme jantung dan peradangan serta mengurangi risiko atherosclerosis dan penyakit jantung koroner.

2.Mencegah kanker

Daging kambing merupakan salah satu sumber zat besi, Vitamin B, selenium terbaik, dan kolin. Kandungan selenium dan kolin mampu mencegah kanker. Selain itu daging kambing juga merupakan sumber asam linoleat terkonjugasi (CLA)—asam lemak ini bisa membantu menanggulani peradang dan kondisi kanker.

3. Mengontrol berat badan

 Kandungan Vitamin B di dalam daging kambing bisa melancarkan pembakaran  lemak. Kondisi daging kambing yangmterkandung jumlah protein yang tinggi tanpa lemak jenuh dan lemak rendah juga bisa membantu mengoptimalkan berat badan dan mengurangi risiko obesitas.

4. Mengurangi risiko bayi cacat

 Daging kambing berkhasiat juga bagi wanita hamil karena menanggula anemia selama mengandung kehamilan di kedua bayi dan ibu berkat kandungan zat besinya yang tinggi. Produksi daging kambing selama kehamilan meningkatkan kadar hemoglobin darah pada suplai dan ibu darah ke bayi. Selain itu, daging kambing mengurangi risiko kecacat pada bayi, seperti cacat saraf,tabung jika diproduksi saat ibu hamil.

5. Mengurangi nyeri saat haid

Daging kambing memperlancar pemulihan zat besi di kalangan wanita saat haid dan memberikan pertolongan nyeri saat haid.

6. Menjaga kesehatan kulit

Tidak hanya terkandung Vitamin B, selenium, dan kolin, daging kambing juga memiliki Vitamin B12. Dengan adanya kandungan Vitamin B12, daging kambing menolong kamu mempunyai kulit yang sehat.

7. Mencegah autisme dan mengurangi stress serta depresi

 Selain untuk juga menjaga fungsi utam dan syaraf untuk mengganti energi, Vitamin B12 dalam kambing ini juga berguna untuk kesehatan mental. Kandungan ini bisa membantu mengurangi depresi dan stres. Selain itu, kandungan asam lemak dan omega 3 dalam daging kambing bisa dipergunakan untuk mengobati yang efektif untuk autisme.

8. Mencegah penyakit ginjal dan stroke

 Rendah sodium dan kaya kalium, daging kambing bisa membantu menanggulani penyakit stroke dan ginjal. Selain itu, daging ini juga melancarkan meningkatkan metabolisme energi.

9. Sumber energi yang cukup besar

Khasiat pertama dari daging kambing yang tidak dapat kita ungkiri adalah sumber energi yang sangat besar untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Kandungan lemak, protein dan kalori akan menjaga badan tetap semangat selama memproduksi daging ini.Sehingga protein yang ditemui dalam daging kambing berguna sebagai agen menjaga perut kenyang lebih lama dan penekanan sehingga penurunan berat badan.

10. Menjaga kesehatan tulang

 Daging kambing kaya dengan kalsium yang membantu menguatkan gigi dan tulang. Kandungan fosfor sebesar 280 mg dalam 150 gram daging kambing memenuhi 28 persen kebutuhan harian terhadap fosfor yang merupakan salah satu dari zat yang dapat melindungi kesehatan tulang dan kekuatan. Daging kambing juga menambah produksi sel-sel baru yang membantu mencegah penuaan.

Efek Samping Dari Kambing

Gangguan pencernaan

Daging kambing juga mempunyai efek samping, salah satunya yaitu dapat mengganggu sistem pencernaan. Gangguan system pencernaan bisa terjadi karena adanya kosongnya lambung. Yang disebab, kandungan lemak pada kambing tertimbun berlebihan di lambung. Biasanya penderita penyakit gangguan pencernaan akan  heartburn atau merasakan panas pada dada. Oleh karena itu jangan kelebihan memproduksinya.

Ulu hati sakit

Kamu juga bisa mengalami sakit pada ulu hati apabila kamu memproduksi daging kambing kelebihan. Biasanya kamu akan mulut terasa pahit, merasakan ulu hatinya sakit, sampai meraskan pusing ketika memproduksi daging kambing kelebihan. Kamu berfikiran bahwa jantung sedang dalam keadaan yang tidak bagus. Tapi sebenarnya badan sedang mengalami aliran balik dari lambung ke kerongkongan. dari beberapa kasus sampai terjadinya datangnya penyakit sesak napas.

 Bahaya obesitas

Obesitas adalah salah satu penyakit yang berbahaya bila dibiarkan. Salah satu penyebab obesitas adalah karena memproduksi daging kambing kelebihan. Kandungan lemak jahat yang terdapat pada dalam daging kambing sangat berbahaya jika diproduksi kelebihan. Jika penimbunan lemak tersebut berada pada kawasan pembuluh darah, resiko yang akan muncul adalah penyempitan pembuluh darah. Jika dibiarkan saja ,akan dapat berujung munculnya penyakit kardiovas

Resiko kolesterol tinggi

Kolesterol tinggi juga bisa maeyebabkan banyak memproduksi daging kambing kelebihan. Daging kambing mempunyai kandungan kolesterol yang bahkan mencapai 40 mg pada setiap 150 gram. Meskipun tergolong kalah tinggi dari pada kolestrol sapi, keadaan ini juga perlu kamu perhatikan. Karena, hal ini dapat terjadinya kolesterol yang sudah ada dalam badan. Bahkan yang mempunyai kadar koleseterol normal bisa beresiko terkena penyakit kardiovaskular jika memproduksi daging kambing kelebihan.

Demikianlah para pembaca setia panggangansosis.id proses yang dibutuhkan untuk tahap pengunaan panggangan sosis  memang mudah untuk dipraktekkan cenderung dan tidak memerlukan perawatan yang ini itu. Hal inilah yang membuat banyak orang menyukai panggangan sosis. Hanya perlu melakukan pengecekan rutin agar panggangan sosis lebih bagus