(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Resep Ikan nila bakar – merupakan salah satu bahan masakan yang tidak hanya enak tetapi juga memiliki nutrisi tinggi. Bicara tentang masakan ikan.

Resep Ikan Nila Bakar Bumbu Kuning

resep ikan nila bakar

Bahan-Bahan

  • 1 ekor ikan nila (250gr)
  • 1 sdm kecap manis

Bumbu halus:

  • 2 siung bawang putih
  • 1 bh bawang merah
  • 2 btr kemiri uk kecil
  • 1/2 sdm bumbu kuning jadi (serai+kunyit+lengkuas+asam jawa)
  • Secukupnya garam
  •  merica
  •  minyak

Cara Membuat Ikan Nila Bakar

  1. Blender semua bahan bumbu halus, lumuri ikan dg bumbu sampai rata, diamkan kurang lebih 15mnt
  2. Diresep asli dibakar pakai arang, karena saya pakai teflon, jd ikan saya masak dg bumbu sampai bumbu meresap, balik satu kali saja agar ikan tidak hancur Panaskan teflon, pangang ikan, olesi dg kecap,balik satu kali saja
  3. Bumbu bisa ditambahkan cabe merah biar semakin merona, tp gini aja udah enak banget, lembut, bumbu meresap
  4. Sajikan dg sambal dan lalapan

Ternyata Resep Ikan Nila Bakar Juga Mengandung Banyak Gizi Bagi Kesehatan

Resep ikan nila bakar – memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang tinggi dan baik untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat pada ikan nila :

maka dari itu ikan nila mempunyai kandungan protein hewani yang cukup tinggi. Meskipun murah, ikan nila memiliki kandungan gizi yang tidak murahan. Ikan nila mempunyai kandungan gizi dan nutrisi yang tinggi dan baik bagi kesehatan tubuh anda. kandungan gizi pada ikan nila akan dibahas setelah ini.

1. Protein

Protein hewani yang dimiliki dalam ikan nila dapat menjadi alternatif dari sumber protein lain, seperti dalam manfaat daging merah atau manfaat makanan laut yang notabene harganya jauh lebih tinggi daripada ikan nila.

2. Omega 3

Walaupun demikian kandungan omega 3 yang dimiliki tidak setinggi ikan laut, namun kandungan omega 3 dalam ikan nila ini cukup untuk membantu memenuhi kebutuhan omega 3 yang diperlukan oleh tubuh. omega 3 sendiri sangat diperlukan bagi tubuh, antara lain

3. Fosfor

Fosfor yang cukup tinggi. Kandungan fosfor yang dimiliki ikan nila ini tentunya sangat berguna bagi tubuh, dan dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh akan fosfor. manfaat dari fosfor bagi tubuh

4. Kalium

Kalium yang dimiliki di dalam ikan nila juga tidak terlalu tinggi. Namun kalium yang terkandung di dalam ikan nila juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh kita. Manfaat kalium bagi tubuh sendiri, dapat meningkakan kemampuan kognitif individu.

5. B12

Salah satu vitamin yang terkandung pada ikan nila adalah vitamin B12. vitamin B kompleks berada di dalam vitamin B12 yang terkandung di dalam ikan nila, memiliki sejumlah manfaat sebagai berikut :

6. B3

Memiliki kandungan vitamin B lainnya, yaitu Vitamin B3. Vitamin B3  terkandung dalam ikan nila ini juga sangatlah penting bagi tubuh. dikarenakan, vitamin B3 memiiki manfaat sebagai berikut :

7. B5

Vitamin B lain yang memiliki pada  manfaatikan nila adalah vitamin B5. Vitamin B5 juga sangat dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. manfaat vitamin B5 yang terkandung pada ikan nila antara lain :

8. Antioksidan

Apabila anda berpikir ikan air tawar tidak memiliki kandungan manfaat antioksidan, tentu saja anda salah besar. Ikan nila juga mengandungan antioksidan yang baik untuk tubuh, walaupun mungkin tidak sebanyak dalam manfaat sayur-sayuran atau buah-buahan. kandungan antioksidan yang terkandung di dalam ikan nila dapat membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas dan meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh.

berikut ini adalah cara membakar ikan dengan sempurna agar kita membuat ikan nila bakar dengan baik dan benar agar mendapatakan rasa yang maksimal saat pembakaran ikan tersebut

Bagaimana Resep Ikan Nila Bakar Agar Matang dengan Sempurna

1. Perhatikan Suhu

Ikan bakar pasti menjadi hidangan favorit siapa saja. Sayangnya, membakar ikan itu pekerjaan yang susah-susah gampang. Jika tidak tau triknya, bisa-bisa ikan jadi gosong, atau malahan belum matang, serta menempel di wajan atau alat pemanggang. “Yang utama yang harus diperhatikan ketika membakar ikan tanpa minyak dengan wajan antilengket adalah tidak membiarkan wajan terlalu panas. Jika sangat panas, ikan akan gosong (pada bagian luar) namun belum matang,” ungkap salah satu peserta acara kompetisi memasak Top Chef yang juga pemilik restoran Talde, Dale Talde.

2. Tambahkan Minyak Zaitun

Kemampuan untuk menjaga panas yang cukup diperlukan, agar ikan tak lengket, pecah, dan membuatnya sulit dibalik dan disajikan. Untuk memudahkan semua usaha Anda, ketika membakar ikan dengan wajan tambahkan sedikit saja minyak zaitun atau mentega agar panas wajan merata dan cukup panas untuk mematangkan dagingnya. Sebaiknya Anda juga tidak membakar ikan dengan wajan dalam keadaan ikan masih utuh. Sebelumnya, potong ikan ini dengan ketebalan sekitar 3 cm, dan masak setiap sisinya selama tiga sampai lima menit.

3. Tunggu Sampa Matang

Menyimpan panas dalam dagingnya, meskipun sudah tidak dimasak lagi. Maka sebaiknya angkat ikan sesaat sebelum mencapai tingkat kematangan yang diinginkan, dan biarkan ikan matang dengan sendirinya tanpa kompor,” tukas Chris Yeo, executive chef sekaligus pemilik restoran Straits and Sino di Amerika.

Awas Resep Ikan Nila Bakar Harus Waspadai Bahaya Tersembunyi Mengonsumsinya

 

Salah satu sumber protein yang banyak digemari masyarakat karena harganya yang murah dan juga rasanya yang nikmat.Ikan ini juga mengandung kadar lemak, kolesterol, dan kalori yang lebih rendah dibandingkan daging sapi dan babi. Ikan nila juga kaya akan vitamin, mineral, serta asam lemak yang baik untuk kesehatan tubuh.

Sayangnya, tidak semua ikan nila baik untuk dikonsumsi setiap hari. Beberapa ikan hasil budidaya seperti nila ternyata memiliki risiko kesehatan utama yang patut diwaspadai.Bahkan, beberapa ahli gizi mengatakan bahwa memakan ikan nila jauh lebih buruk daripada mengkonsumsi daging asap.

Picu Radang dan Asma

Terkadang menjadi alternatif paling favorit bagi manusia untuk mendapatkan asupan asam lemak omega 3 yang berguna menurunkan tekanan darah, mengurangi kolesterol dalam aliran darah, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Omega 3 juga bisa meminimalisir potensi arthritis, depresi, penyakit jantung, hingga kanker.

Meningkatkan Risiko kanker

Berdasarkan sejumlah laporan, peternak di China kerap memberi pakan ikan nila budidaya dengan kotoran binatang seperti ayam, bebek, hinngga babi. Dengan demikian, mengonsumsi ikan nila budidaya seperti ini bisa meningkatkan risiko kanker 10 kali lipat daripada nila yang ditangkap di alam liar.

Mengandung Pestisida dan Bahan Kimia

Karena nila dibudidayakan dalam kolam ikan yang sering penuh sesak, ikan tersebut rentan terhadap penyakit. Sang peternak lantas kerap memberi ikan-ikannya antibiotik untuk mencegah penyakit.
Tak jarang, para peternak juga sering memberikan pestisida untuk mengobati kutu dan masalah kesehatan umum lainnya pada ikan-ikannya.

Pengertian Ikan Nila

Resep ikan nila bakar – Ikan nila maupun ikan mujair merupakan ikan konsumsi yang banyak disukai masyarakat Indonesia pada umumnya. Selain mudah diperoleh karena banyak dijual di pasar-pasar tradisional, ikan nila dan mujair juga memiliki rasa daging yang gurih dan lezat.Pun demikian, masih banyak masyarakat yang menganggap ikan mujair adalah ikan nila, begitu juga sebaliknya. Tidak sedikit orang yang mengira bahwa kedua jenis ikan ini adalah ikan yang sama.

Memang benar, jika dilihat sepintas ikan nila dan mujair nyaris tidak memiliki perbedaan yang mencolok, sehingga tidak mengherankan jika banyak yang mengira bahwa kedua jenis ikan tersebut adalah ikan yang sama.Meskipun sepintas terlihat sama, ikan nila dan mujair adalah ikan yang berbeda. Jika diperhatikan dengan teliti ikan nila dan mujair memiliki banyak perbedaan. Terutama pada bagian luar tubuh kedua ikan tersebut memiliki banyak perbedaan yang mencolok.

Dilihat dari segi nilai ekonomisnya, ikan nila dan mujair juga sangat berbeda. Bisnis budidaya ikan nila lebih menguntungkan, konsumen lebih menyukai ikan nila daripada ikan mujair. Selain itu, pertumbuhan ikan nila jauh lebih cepat dan ukuran tubuhnya lebih besar dibandingkan dengan ikan mujair.

6 Cara Cepat Membedakan Ikan Mujair dan Ikan Nila

Resep ikan nila bakar – sering bingung membedakan Ikan Mujair dan Ikan Nila? Kali ini saya akan membahas mengenai cara membedakan Ikan Mujair dan Ikan Nila .Dengan demikian anda dapat mebedakan antara Ikan Mujair dan Ikan Nila dengan cepat. Anda dapat membedakanya langsung hanya dengan mata kepala anda sendiri. Berikut beberapa cara membedakan Ikan Mujair dan Ikan Nila, .

  1. Perhatikan pada bagian ekor. Terlihat jelas Ekor Ikan nila terdapat garis yang memotong dari atas. Sedangkan jika perhatikan pada ikan Mujair tidak terdapat garis-garis yang memotong. Penampilan ekor mujair juga lebih hitam dibandingkan dengan ikan nila.
  2. Jika dipehatikan Pada bagian sirip, ikan mujair tidak memiliki garis-garis yang memotong berdirinya sirip belakang. Sedangkan pada ikan Nila terlihat jelas adanya garis-garis yang memotong sirip belakang seperti pada ekor.
  3. Perhatikan pada sirip punggung, Pada ikan mujair ujungnya berwarna kemerahan sedangkan pada ikan nila tidak ada. Bahkan tulang sirip ikan nila terlihat lebih jelas dan tajam sedangkan mujair tidak.
  4. Perhatikan pada bagian mulut, Mulut ikan mujair lebih besar dari pada Ikan nila. Terlihat jelas mulut ikan Mujair lebih melebar ke samping sedangkan Mujair tidak.
  5.  Apa yang anda lihat jika memperhatikan sirip bawah? Terlihat jelas Sirip ikan mujair terlihat lebih lonjong dan hitam. Sedangkan pada ikan Nila, Sirip bawah terlihat transparan dan pendek melebar.
  6. Perbedaan yang terakhir, mengarah pada perbandingan badan. Iakan mujair memiliki badan yang lebih kecil memanjang sedangkan pada ikan Nila memiliki badan yang agak luas bulat. Ikan Nila memiliki ciri umum terlihat trasparan lebih cerah dibandingkan dengan ikan Mujair. Pada pada bagian perut, ikan Nila lebih besar perutnya.

Semoga bermanfaat bagi teman yang melakukan budidaya Ikan. Sebab pada dunia perikanan terkadang mengalami kesulitan dalam membedakan kedua ikan air tawar tersebut, dan mungkin artikel ini dapat membantu dalam mendapatkan informasi mengenaik ikan nila dan mujair.

Jika kamu ingin membuat ayam bakar bumbu rujak yang enak kamu bisa mencoba cara ini!!