(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Resep gurame bakar kecap memiliki aroma rasa harum dari ikan bakar gurame tentunya akan menggugah selera anda, ditambah dengan sambal kecap pedas.

Resep Gurame Bakar Kecap

Bahan :

  • 2 ekor ikan gurami (@± 500 g)
  • 1 buah jeruk nipis, ambil airnya
  • ¼ sdt garam
  • 2 sdm minyak sayur
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
  • 1 lembar daun salam
  • 8 sdm kecap manis
  • 5 sdm madu asli
  • 5 buah cabai rawit merah, iris

Bumbu, haluskan:

  • 10 butir bawang merah
  • 8 siung bawang putih
  • 5 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
  • 4 buah kemiri, sangrai
  • 3 cm lengkuas
  • 2 sdt ketumbar sangrai
  • 2 sdt merica putih
  • ¼ sdt garam

Cara Membuat :

  1. Beri keratan di kedua sisi ikan. Lumuri dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan selama ± 15 menit. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus bersama serai dan daun salam hingga harum. Tambahkan kecap manis dan madu, aduk rata. Angkat.
  3. Oleskan saus madu secara merata pada permukaan ikan. Bakar ikan hingga matang dan kecokelatan. Angkat. Pisahkan sisa saus, tambahkan irisan cabai rawit, aduk rata (saus madu rawit).
  4. Sajikan disertai saus madu rawit.

Manfaat Ikan Gurame

resep gurame bakar kecap

Resep gurame bakar kecap – Ikan Gurame adalah spesies ikan air tawar yang banyak dibudidayakan karena angka permintaan yang selalu meningkat. Dalam dunia modern seperti sekarang, di mana daya beli masyarakat tinggi dan ada banyak sekali resto yang menawarkan sajian masakan Gurame. Tak sedikit bahkan resto khusus Gurame juga dibuka.

Membuat Ikan Gurame begitu digemari masyarakat tak lepas dari tubuh ikan itu sendiri. Ikan terkenal punya serat daging yang halus dan duri-durinya pun besar sehingga tidak rawan tertelan.  Selain harga Gurame yang bersahabat juga membuat orang lebih suka membeli mentahan ikan segar ini.

1. Ikan Gurame Berkhasiat Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol disebabkan oleh asupan makanan yang terlalu berminyak dan berlemak jenuh. Cara untuk menurunkan kadar kolesterol dengan makan ikan gurame bisa anda coba.

2. Mengandung Protein yang Tinggi Sehingga Cocok Untuk Membentuk Otot

Protein yang tinggi dapat memicu terbentuknya otot. Para Binaragawan, mereka selalu makan telur banyak sekali demi ototnya. Selain itu Telur  ada juga ikan Gurame sanggup membentuk otot jadi besar.

3. Gurame Pedas Bisa Menimbulkan Munculnya Hormon Endorfin

Banyak orang senang makan gurame pedas. Memiliki Khasiat juga bila ikan ini dimasak rica-rica misalnya. Efeknya dapat menimbulkan hormon endorfin, yaitu sebuah hormon pengurang rasa sakit.

4. Berguna Untuk Mengeluarkan Hormon Serotonin

Serotonin adalah hormon yang mengatur suasana hati. Dalam Tubuh mengeluarkan hormon ini, niscaya anda akan merasa bahagia dan sembuh dari depresi dan stres. Hormon dilepaskan tubuh karena ikan gurame yang anda makan mengandung vitamin D.

5.Menyembuhkan Hipertensi

Diri anda yang mengalami gangguan Hipertensi atau tekanan darah tinggi. Mungkin Cocok sekali makan ikan gurame karena ikan ini bisa membuat pembuluh darah bersih tanpa plak sehingga tiada darah yang terjepit karena akumulasi garam dan asam.

6. Menyembuhkan Hipotensi

Mekanisme  juga untuk penyembuhan tekanan darah rendah atau Hipotensi. Ternyata Gurame dapat membuat aliran darah ke jantung dan otak lancar karena zat besi dalam tubuh terpenuhi.

7. Mencegah Karies Gigi

Karies  penyakit pengeroposan gigi sehingga pada akhirnya gigi menjadi patah dan juga berlubang. Ternyata Karies dapat dicegah dengan konsumsi Gurame karena kaya dengan fosfor dan kalsium.

8. Mencegah Miopi

Ternyata Rabun jauh bisa menimpa segala usia dari yang muda hingga tua. Rabun jauh salah satunya adalah karena kurangnya asupan vitamin A sehingga syaraf mata menjadi lemah dan kaku. Ikan ini ternyata berkhasiat untuk bola mata karena mengandung vitamin A.

9. Mencegah Penyakit Dispepsia

Dispepsia merupakan penyakit lambung yang disebabkan karena berlebihannya produksi asam lambung sehingga perut terasa asam dan bergas. Bisa sembuh dengan pola makan yang benar dan asupan nutrisi yang baik. Perpaduan nasi dan ikan Gurame amat baik untuk terapi penyembuhan Dispepsia.

10. Menyuburkan Rambut

Yang memiliki gangguan hormon pertumbuhan rambut sehingga rambut kepala tipis atau malah botak. Bisa coba makan ikan Gurame. Gurame ini mengandung vitamin B yang juga dapat mendorong pertumbuhan rambut.

Begitulah manfaat dan khasiat Ikan Gurame untuk kesehatan. Cobalah mulai sekarang rajin makan ikan ini. Khasiatnya yang berkhasiat itu bisa dirasakan tubuh anda. Selain khasiat di atas, masih ada Khasiat lain.

Tips Dalam Resep Gurame Bakar Kecap agar Matang dengan Sempurna

resep gurame bakar kecap

Resep gurame bakar kecap bisa jadi pilihan favorit pesta tahun baru. Agar hasilnya memuaskan, perhatikan beberapa tips pembuatannya.

Walau sederhana, ikan bakar termasuk makanan yang disukai saat pesta BBQ. Dicocol saus kecap atau sambal saja sudah enak. Agar daging ikan tak mudah hancur saat dipanggang dan bercitarasa lezat, ikuti tips berikut ini.

1. Jenis Ikan

Banyak jenis ikan yang cocok untuk sajian ini. Tentukan ikan berdaging tebal seperti ikan gurame, ikan bawal, ikan baronang, ikan kuwe atau ikan kakap. Sebisanya tidak gunakan ikan berdaging tipis seperti kembung yang mudah hancur di atas panggangan

2. Ikan Segar

Temukan ikan yang benar-benar masih segar supaya rasa dagingnya manis. Sebaiknya bukan ikan yang sudah dibekukan. Jika perlu, belilah ke pasar ikan atau pasar tradisional.

Jika membelinya sebelum malam tahun baru, simpan ikan dalam kotak berisi es batu. Agar mencegah daging ikan hancur saat dibakar, seperti kondisi ikan yang disimpan dalam freezer.

3. Marinasi Ikan

Proses mariasi menentukan citarasa ikan. Selanjutnya Simpan ikan dalam lemari es saat proses marinasi sekitar 15-20 menit. Agar rasa sederhana, rendam ikan sebentar dalam campuran air jeruk nipis dan garam. Supaya aroma amis ikan berkurang.

Selanjutnya Jika ingin lebih kaya rasa, racik bumbu rendaman dengan tambahan rempah-rempah. Selanjutnya bumbu kuning dari bawang putih, kunyit, kemiri, merica dan garam yang dihaluskan. Bisa juga itu bisa juga membuat bumbu kecap dengan cabai, bawang putih halus dan kecap manis.

4. Minyak

Berikan minyak bisa mencegah ikan menempel pada panggangan. Sebelum dipanggang, olesi sedikit minyak pada ikan. Namun ini tak perlu dilakukan bila bumbu perendam sudah diberi minyak. Berikan juga alat pemanggang dengan minyak supaya ikan tidak lengket.

5. Pembakaran

Mulai proses pembakaran dengan meletakkan ikan, tanpa diberi apapun. Bila Anda memanggang ikan utuh dan tidak mau kesulitan membaliknya, gunakanlah penjepit untuk ikan. Jika telah dibakar sebentar sampai agak kering, olesi bumbu ke permukaan ikan.

Selanjutnya Jika ikan sudah ditempatkan di atas panggangan, jangan ubah posisi ikan sekitar 5 menit. Baru kemudian ikan dapat dibalik. Sebisanya proses pembakaran dilakukan sekitar 10 menit supaya matangnya sempurna.

Asal Usul Ikan Gurame

Sebenarnya darimanakah asal ikan lezat ini?Ternyata ikan ini memang berasal dari Indonesia, asli ikan Indonesia.  Dan karena rasanya memiliki rasa yang enak, maka memiliki banyak penggemar.Seperti biasa, apabila sebuah komoditi memiliki banyak penggemar maka penyebarannya akan semakin luas.

Demikian pula dengan ikan yang satu ini, saat ini dia sudah mulai menyebar ke wilayah Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia, Thailand, bahkan hingga ke Australia.Bahkan tidak memungkinkan bahwa kedepannya negara-negara tropis lainnya akan membudidayakan ikan jenis ini.  Mengingat karena permintaannya yang tinggi di masyarakat.

Ciri-ciri Ikan Gurame

Jika kita selama ini sering menikmatinya, sekarang kita perlu juga  mengetahui dengan lebih jelas, sebetulnya seperti apa ikan gurami itu? Mari kita lihat lebih lanjut di ciri-cirinya. Penasaran kan, sebenarnya bagaimana siy ciri-ciri ikan gurami itu?  Supaya kita tidak tertukar dengan jenis ikan lainnya, terutama saat membeli ikan tersebut di pasar.

Jangan sampai maksud hati membeli ikan gurami, apa daya ikan tawes yang didapatkan ….hihi…

Untuk lebih jelasnya mari kita lihat, apa saja sebetulnya ciri-ciri dari ikan ini :

  1. Memiliki badan yang pipih namun lonjong dengan daging yang tebal.
  2. Mulut yang dimilikinya kecil namun dapat di moncongkan
  3. Sisik di tubuhnya besar-besar dengan kepala sisik yang memiliki tekstur agak kasar di bagian tepinya
  4. Gigi yang terletak di rahangnya berukuran kecil-kecil. Namun untuk gigi yang terletak di luar ukurannya lebih besar
  5. Sirip punggung dan sirip duburnya memiliki duri. Dan semakin tua umur ikan gurami ini, maka durinya akan semakin besar.  (Duri yang makin besar ini justru bagus karena memudahkan kita memilih daging gurami ketika mengkonsumsinya)
  6. Bagian perutnya memiliki benang yang panjang yang berfungsi untuk indera peraba
  7. Sirip ekornya memiliki warna kuning atau perak yang terdapat di tepian siripnya
  8. Untuk sirip atas dan bawah, memiliki bintik hitam di pangkal siripnya

Delapan ciri tersebut akan semakin mudah kita pahami apabila kita sering melihatnya secara langsung.

Perbedaan Ikan Gurame Jantan dan Betina

Lantas bagaimana jika kita ingin membedakan ikan jantan dan betina?  Terutama jika kita ingin membudidayakannya? Untuk dapat membedakan jantan dan betina kita bisa melihat dari perilaku atau sifatnya.  Bisa juga dengan melihat wujud nyatanya.

Ciri-ciri Ikan Gurami Jantan

Dengan melihat langsung wujud nyatanya, maka bisa diuraikan bahwa ikan jantan memiliki ciri-ciri :

  1. Tubuh yang dimilikinya berbentuk ramping
  2. Gerakan badannya lebih lincah dan gesit bila dibandingkan dengan ikan betina
  3. Kepala dan dahinya sedikit menonjol seperti nonong
  4. Bagian perutnya lebih runcing
  5. Susunan sisik yang dimiliki normal
  6. Siripnya berwarna kehitaman namun lebih terang
  7. Bagian tubuh reproduksinya runcing dan kelihatan

Bagaimana dengan yang berjenis kelamin betina? Berikut ini penjelasan tentang ciri-ciri ikan betina

Ciri-Ciri Ikan Gurami Betina

  1. Badannya lebih tebal dan bundar bila dibandingkan dengan ikan jantan
  2. Ketika bergerak akan lebih lambat dan slow
  3. Kepala serta dahinya tidak memiliki tonjolan
  4. Bagian tubuh bawahnya (perut) bulat
  5. Sisik yang dimilikinya memiliki susunan yang terbuka
  6. Memiliki sirip dengan warna krem atau warna putih
  7. Organ reproduksinya bentuknya oval dan kelihatan.

Tidak sulit bukan membedakannya. Sekarang kita menuju ke jenis-jenis ikan ini.

Jika kamu ingin membuat Roti bakar kamu bisa mencoba cara ini !!!