(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Resep Ayam Bakar Bumbu Bali adalah resep yang begitu direkomendasikan bagi anda yang sudah tak sabar ingin mengetahui seperti apa membuat hidangan kali ini.

Resep Ayam Bakar Bumbu Bali

resep ayam bakar bumbu bali

semoga resep ini memberikan kemudahan untuk pembaca untuk menerapkan cara membuat ayam bakar bumbu bali dengan benar.

Waktu Memasak

  • Persiapan
  • Memasak
  • Total

Bahan Utama Ayam :

  • 1 ekor ayam
  • 1/2 sendok teh pala bubuk
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 sendok teh gula merah
  • 3 butir cengkeh
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan garam
  • 100 ml air
  • 3 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Ayam yang Dihaluskan:

  • 5 siung bawang putih
  • 3 ruas jahe
  • 4 ruas lengkuas
  • 10 buah cabe merah
  • 10 butir bawang merah
  • 15 buah cabe rawit
  • 18 butir kemiri
  • 3 ruas kencur
  • 1 sendok teh terasi, goreng

Bumbu Untuk Sambal Bali:

  • 3 siung bawang putih, iris halus
  • 1 sendok teh garam
  • 10 buah cabe rawit, iris halus
  • 1/2 sendok teh terasi
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 2 batang serai memarkan
  • 5 butir bawang merah, iris halus
  • 3 sendok makan minyak untuk menumis

Cara Membuat Ayam Bakar Bumbu Bali:

1. Panaskan Bumbu

Panaskan terlebih dahulu bumbu halus dalam wajan yang telah diberikan minyak dan juga sudah dipanaskan. Aduk-aduk secara merata sampai bumbu halus yang anda tumis mengeluarkan aroma harum yang enak dan lezat.

2. Masukkan Bumbu

Setelah itu, masukkan daun salam, daun jeruk, pala bubuk, cengkeh dan juga serai. Campur sampai bahan ini layu dan mengeluarkan aroma harum.

3. Siapkan Ayam

Kemudian, masukkan potongan ayam kedalam tumisan bumbu dan masukkan air bersama dengan gula, garam dan juga merica bubuk. Masak ayam dengan menggunakan api yang kecil sampai ayam empuk dan kuahnya mengental kira-kira selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu, baru angkat sajian ini dan sisihkan sementara.

4. Siapkan Panggangan

Bara api atau wajan anti lengket. Setelah itu, tempatkan ayam dibagian atasnya dan bakar hingga ayam matang secara merata. Jangan lupa untuk membulak-balik ayam agar tidak gosong. Setelah ayam matang, angkat sajian ini dan hidangkan dalam pirng saji untuk kemudian ayam akan siap disantap selagi masih hangat.

Ternyata Resep Ayam Bakar Bumbu Bali Banyak Manfaat

resep ayam bakar bumbu bali

Resep Ayam Bakar Bumbu Bali – Manfaat makan daging ayam bagi kesehatan jelas sangat tinggi, karena daging ayam mengandung protein tinggi, serta vitamin dan mineral. Makan daging ayam juga diyakini dapat membantu menurunkan berat badan, mengontrol kadar kolesterol, tekanan darah serta mengurangi risiko kanker.

 1. Gizi

Ayam bukan hanya sumber protein yang sangat baik, tetapi juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat baik juga. Vitamin dan mineral yang ditemukan pada ayam sangat banyak, dan berguna untuk berbagai proses dalam tubuh kita. Misalnya, vitamin B berguna untuk katarak, gangguan kulit, kekebalan tubuh, kelemahan, pencernaan, sistem saraf, migrain, gangguan jantung, rambut beruban, kolesterol tinggi, diabetes, dll.

2. Berat Badan

Diet dengan kandungan protein yang tinggi telah diketahui efektif mengurangi berat badan, dan ayam menyediakan kandungan protein yang tinggi. Studi dan percobaan telah menunjukkan bahwa kontrol berat badan yang signifikan ditemukan pada orang-orang yang makan ayam. Kontrol tekanan darah konsumsi ayam telah ditemukan juga berguna dalam mengontrol tekanan darah. Hal ini diamati pada orang dengan gangguan hipertensi. Meskipun begitu, diet juga harus terdiri dari kacang-kacangan, produk diet rendah lemak dengan sayuran dan buah-buahan.

3. Mengurangi Resiko Kangker

Studi telah menemukan bahwa pada pemakan non-vegetarian, konsumsi daging merah, daging babi/ham yang tinggi dapat meningkatkan risiko kanker kolorektal. Sedangkan pada ayam dan ikan, risiko mengembangkan kanker kolorektal akan diturunkan di kemudian hari. Penelitian menunjukkan bahwa makan daging ayam menempatkan risiko yang lebih rendah, daripada makan daging merah, meskipun bukti-bukti yang ada tidak begitu meyakinkan.

Cara Resep Ayam Bakar Bumbu Bali  Membuat Ayam Lebih Lezat

resep ayam bakar bumbu bali

Anda bisa mencari tips di internet tentang resep ayam bakar yang lezat. Biasanya dalam resep tersebut juga dilengkapi dengan sejumlah tips tentang cara membuat ayam bakar yang lezat. Anda juga dapat mengikuti beberapa tips cara memasak ayam bakar yang lezat dan nikmat.

1. Cuci Bersih

Ayam dicuci bersih, sebelum dibakar di atas bara api, terlebih dulu rebus sebentar ayam menggunakan air kelapa. Hal ini akan membuat rasa daging ayam terasa lebih tasty dan gurih. Apabila ayam tersebut sebelumnya telah dibekukan dalam freezer, maka cara yang tepat memanggang ayam yang telah dibekukan adalah membiarkannya dulu meleleh dalam suhu ruangan, atau merendamnya dalam air kelapa terlebih dulu. Lalu rebus sebentar seperti langkah di atas.

2. Rendam dengan Bumbu

Setelah selesai direbus, rendam ayam dalam ramuan bumbu selama 30 menit hingga 1 jam agar rasa bumbu merasuk hingga ke daging bagian terdalam. Anda juga bisa merebus ayam dengan api kecil dalam ramuan bumbu.

3. Persiapkan Api

Sambil menunggu bumbu meresap, persiapkan bara api serta sambal ayam bakar. Sambal adalah bagian yang sangat penting dalam hidangan ini, karena ayam bakar yang tidak disertai dengan sambal akan terasa kurang nikmat dan afdol. Jadi, jika Anda ingin membuat ayam bakar yang sangat lezat dan nikmat, pastikan semua bahan bumbu tersedia. Komposisinya tepat, serta ayam dibakar dengan sempurna.

Demikianlah para pembaca setia proses yang di butuhkan untuk tahap cara membuat ayam bakar bumbu bali dengan baik dan benar serta memberikan manfaat bagi tubuh. Hal inilah yang membuat banyak orang menyukai ikan bakar bumbu kuning. Hanya perlu melakukan langkah langkah yang telah berikan diatas. Semoga artikel ini dapat membantu atau bisa menambah wawasan bagi yang  membacanya dan anda dpat membaca artikel lainnya yang telah tersedia.

8 Jenis Ayam Bakar Khas Indonesia

Bicara soal ayam bakar, hidangan ini memang populer di Indonesia. Tekstur roasty dan terkaramelisasi di permukaan kulitnya memang jadi sensasi tersendiri. Biasanya, ayam perlu dimarinasi bumbu terlebih dulu dan selanjutnya dibakar atau dipanggang hingga matang. Nah, tiap daerah Indonesia punya bumbu khas yang membuat si ayam bakar jadi ikonik. Kalau anda mengaku penggemar ayam bakar, yakin sudah mencoba jenis ayam bakar berikut ini?

Ayam Bakar Padang

Kalau anda langganan ke RM Padang pastinya kenal dengan menu satu ini. Ayam bakar khas Padang memang selalu jadi favorit karena bumbunya yang kaya. Bahkan konon, lauk ini sering jadi indikator kelezatan sebuah RM Padang, lho.

Sebelum dibakar, ayam terlebih dulu dimasak dalam paduan santan dan racikan bumbu kuning hingga tekstur kuahnya mengental. Selain bumbu kuning, ada tambahan serai, asam kandis, dan daun aromatik yang menambah kaya citarasa ayam. Coba bayangkan beragam rasa seperti gurih dan pedas dalam satu suapan bersama nasi hangat. Slurp!

Ayam Sapit

Bergeser sedikit ke Palembang, ada sajian ayam yang dibakar dengan cara unik yakni memakai penjepit bambu. Ayam sapit adalah ayam bakar khas kota pempek. Hampir sama dengan Padang, ayam sapit perlu dimasak dalam santan berbumbu hingga tekstur bumbunya kental dan meresap sempurna. Bumbu halusnya sendiri terdiri atas bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri, terasi matang, ketumbar, dan jintan. Setelah itu, ayam dijepit di antara bambu dan dibakar hingga matang. Unik, ya?

Ayam Bekakak

Pindah ke Pulau Jawa, ada ayam bekakak khas Sunda yang siap menyambut anda. Sajian ayam ini memang sengaja disajikan utuh dengan posisi telentang saat acara hajatan. Konon, ayam bekakak ini disimbolkan sebagai sedekah dari empunya hajat kepada masyarakat sekitar.

Ayam bekakak memiliki kombinasi rasa yang unik, yakni manis, gurih, dan pedas. Selain bumbu yang beragam, rahasia kelezatan ayam bekakak adalah santan. Jadi, ayam diungkep terlebih dulu dengan santan berbumbu seperti halnya ayam bakar khas Sumatera. Wah, rela kalap dengan sepiring nasi hangat nih!

Ayam Bakar Solo

Bagi anda penggemar masakan seperti baceman, yuk coba ayam bakar khas Solo! Ayam bakar yang satu ini memang terkesan “Jawa” karena rasa manis dan gurih yang menyatu dalam tiap gigitannya. Terlebih lagi, kenampakannya yang mengkilat juga terlihat menarik dan makin menggugah selera. Sebetulnya, rahasia kenikmatan ayam bakar Solo adalah pemakaian air kelapa dan kecap dalam proses ungkepnya. Selain itu, ayam kampung yang bertekstur juga menambah lezat hidangan ayam ini. Apalagi dimakan berama nasi hangat, tempe-tahu goreng, dan sambal bawang. Mantap!

Ayam Taliwang

Ayam bakar satu ini sempat naik daun di Indonesia. Ayam taliwang adalah ayam bakar khas Lombok yang terkenal super pedas dan bercitarasa. Bumbu marinasi atau bumbu ungkep yang dipakai memang pedas sekali, yakni bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai keriting, terasi Lombok, kencur, dan garam. Wih, kebayang merahnya sajian ini ya? Setelah dibakar, ayam taliwang biasa disajikan dengan plencing kangkung dan taburan bawang goreng. Siap-siap kapok!

Ayam Cincane

Pernah terbayang menyantap ayam bakar untuk sarapan? Nah di Kalimantan Timur, ayam cincane adalah salah satu menu sarapan yang populer, nih. Sebetulnya tak hanya sarapan, tapi ayam bakar ini memang cocok disajikan untuk sajian makan kapanpun. Rasanya gurih, legit, dan pedas dari bumbu cabai, terasi, dan gula merah yang khas. Selain itu, pemakaian ayam kampung juga jadi kunci kelezatan hidangan ini. Selain jadi menu sehari-hari, ayam cincane juga disajikan dalam acara adat dan hajatan. Coba sajikan dengan nasi hangat dan sambal dadah, dijamin menambah nafsu makan berkali lipat!

Ayam Iloni

Masih sajian untuk si penggemar pedas, ayam iloni khas Gorontalo ini juga tak boleh dilewatkan. Ayam bakar ini identik dengan bumbu kuningnya yang terasa sangat pedas dan gurih. Nah, ada sedikit perbedaan cara memasak antara ayam iloni dan ayam bakar lainnya, nih. Kalau biasanya ayam bakar diungkep dalam santan berbumbu, ayam iloni direbus dalam santan terlebih dahulu baru setelahnya dimasak dengan bumbu halus. Hasilnya? Pasti membuat anda ingin segera terbang ke Sulawesi!

Ayam Paniki

(Manado memang surganya masakan pedas, salah satunya adalah ayam paniki. Ayam bakar yang satu ini memang terkenal pedas menyengat dan gurih. Bumbu khas yang biasa digunakan adalah bawang merah, cabai, terasi, dan santan untuk mengungkep ayam. Selain di Manado, hidangan ini juga ada di Ternate, lho. Bahkan sebetulnya tak hanya ayam saja yang bisa dimasak paniki, tapi juga bisa sapi atau bebek. Wow!

Jika kamu ingin membuat Sate ayam madura kamu bisa mencoba cara ini!!