(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Cara membuat steak daging-Di zaman modern ini masyarakat tidak asing ladi dengan steak daging. Tentu sebagian orang pasti pernah mencicipi daging yang dibakar itu. Simaklah penjelasan steak daging dibawah ini

Apa itu Steak??

Ialah sepotong besar daging, biasanya daging sapi. Daging merah, dada ayam dan ikan seringkali dipotong menjadi steik.

Kebanyakan steik dipotong tegak lurus dengan serat otot, menambah kelegitan daging. Steik biasanya dimasak dengan dipanggang, meskipun dapat digoreng atau di-“broil”.

Jenis-Jenis Daging Steak

  • Sirloin

Daging sirloin berasal dari bagian belakang sapi. Daging ini bekerja lebih berat daripada bagian lain yang umum dipakai untuk steak sehingga agak lebih keras dibandingkan yang lain.

  • Tenderloin

Tenderloin berasal dari loin yang berada di depan sirloin dan di belakang tulang rusuk (rib). Daging tenderloin tidak bekerja keras sehingga tenderloin adalah bagian sapi yang paling lembut. Tenderloin berbentuk memanjang seperti ular dan untuk steak biasanya dipotong secara diagonal.

  • Top Loin/Striploin

Daging sapi yang membungkus bagian tenderloin. Lebih lembut daripada sirloin, tetapi lebih keras daripada tenderloin.

  • T-Bone

Bagian ini sesuai namanya memiliki tulang yang berbentuk T yang dikelilingi oleh daging pada kedua sisinya. Pada sisi yang memiliki daging lebih sedikit adalah daging tenderloin dan di sisi lainnya yang memiliki daging lebih banyak adalah striploin.

  • Porterhouse

Porterhouse sama dengan T-Bone. Perbedaannya, porterhouse memiliki daging tenderloin lebih banyak daripada striploin.

  • Rib/Tulang Rusuk

ialah daging sapi yang berasal dari daging di sekitar tulang rusuk. Steak rib disajikan bersama tulang rusuk. Jika tidak disajikan bersama tulang rusuk, maka namanya menjadi rib eye steak.

Cara Memasak Steak 

  • Well done

Steak yang dimasak well done tidak memiliki warna merah. Biasanya para penggemar steak tidak menginginkan steaknya dimasak well done. Suhu daging steak ketika selesai dimasak adalah sekitar 80 derajat Celcius.

Steak yang dimasak pada kondisi ini lebih keras daripada medium atau rare karena kandungan air di dalam steak akan lebih banyak menguap.

  • Medium

Steak medium adalah cara memasak antara rare dan well done. Bagian tengah masih berwarna merah dan sisinya berwarna merah muda. Suhu daging ketika selesai dimasak adalah sekitar 70 derajat Celcius

  • Rare

Steak rare sebagian besar masih berwarna merah. Suhu daging ketika selesai dimasak adalah sekitar 60 derajat Celcius.

Sebagian restoran di Indonesia tidak menanyakan cara memasak steak, dalam hal ini kemungkinan besar steak akan dimasak well done.

Manfaat Daging Sapi Sesuai Kandungan Gizi

  • Protein

sumber protein hewani yang sangat besar adalah berasal dari daging sapi. Lalu kenapa protein ini sangat penting bagi tubuh? Karena protein membantu tubuh manusia untuk membentuk otot sehingga menambah masa otot dan pada akhirnya dapat menambah berat badan kita.

  • Zat Besi

Zat besi bagi tubuh manusia juga dapat menjadi benteng pertahanan melawan penyakit karena dapat meningkatkan dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

Dengan tubuh yang kebal melawan penyakit dan terhindar dari anemia sehingga dapat tetap aktif, zat besi memberikan nutrisi bagi anak untuk dapat tumbuh dan mempunyai semangat belajar yang tinggi.

  • Selenium dan Zinc

Selenium merupakan suatu zat yang membantu tubuh manusia untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya, hampir mirip dengan fungsi dari zat besi yang juga dapat meningkatkan sistem imun manusia.

  • Vit B Kompleks

Bagi Anda yang diharuskan bekerja dengan mengandalkan konsentrasi dan daya ingat, kita pasti akan membutuhkan daging sapi karena mengandung vitamin B kompleks yang berfungsi mempertajam daya ingat kita dan membuat kita dapat berkonsentrasi dengan lebih baik.

  • Omega 3

Manfaat daging sapi yang kita dapatkan akan membantu kita untuk membantu menjaga dan memelihara sistem saraf pusat yaitu biasa kita sebut dengan otak, membantu fungsi jantung dan hati.

  • Lemak

Daging sapi tidak terlepas dari lemak yang dikandungnya, fungsi lemak sendiri adalah untuk meningkatkan energi dan sumber tenaga bagi tubuh untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Manfaat Daging Sapi Berdasarkan untuk Kesehatan

  1. Sumber energi yang besar
  2. Hidup sehat untuk segala umur
  3. Selalu mencegah diabetes dan Obesitas
  4. Mengatur berat badan
  5. Kesehatan kognitif (otak)
  6. Menyembuhkan luka
  7. Menjaga sistem kekebalan tubuh
  8. Dapat mencegah anemia
  9. Menambah sel darah merah
  10. Meningkatkan kesehatan kulit
  11. Mencegah stroke dan serangan jantung
  12. Membangun otot agar tumbuh lebih kencang dan kuat

Manfaat daging sapi memang luar biasa bagi tubuh atau pun berdasarkan kandungan gizinya, namun tentu daging sapi memiliki kandungan lemak yang jika dikonsumsi secara berlebihan akan merugikan kesehatan. Konsumsilah secara bijak untuk menjaga kesehatan anda sekeluarga.

Tips Memilih Daging yang Aman Dikonsumsi

Sebagai konsumen kita harus pintar-pintar memilih makanan saat membelinya, apalagi ketika lebaran pasar pasti akan di serbu oleh Ibu-Ibu untuk membeli keperluan saat lebaran.

Nah di saat seperti ini akan ada beberapa pedagang jahat yang sebut saja nama nya “OKNUM” yang tidak bertanggung jawab yang hanya mementingkan uang dari pada kesehatan konsumen nya. Ada dari mereka yang menjual daging yang sudah tidak layak lagi untuk di makan lagi. Entah itu daging sisa kemaren atau di beli dari jauh hari sebelum harga daging mahal.

Inilah ciri-ciri daging masih segar

  1. Warna Merah Terang dan Lemaknya Berwarna Kekuningan

Salah satu ciri fisik nya yang sangat mudah terlihat adalah warna daging itu sendiri. Pilih daging yang masih berwarna merah cerah dan terasa segar bukan nya pucat ya.

  1. Tekstur Dagingnya Kenyal

Tekstur daging yang masih segar terasa kenyal dan tidak lembek. Kalian tinggal tekan sedikit bagian daging untuk mengetahui teksturnya. Jika tekstur daging kembali seperti semula setelah ditekan, atau kenyal, berarti daging masih segar.

  1. Bau Khas Daging Sapi

Daging yang masih segar memiliki aroma yang segar,  yang biasa disebut bau daging dan tidak berbau ke anyar-anyaran atau bau mendekati busuk ya.

  1. Tidak Lengket Jika Dipegang dan Tidak Ada Cairan Namun Basah

Ketika membeli daging, pasti Anda melihat cairan berwarna merah mirip darah yang mengalir keluar dari daging. Cairan ini bukanlah darah, melainkan jus atau sari dari daging tersebut yang menandakan daging mulai tidak baik. Di supermarket Anda pasti sering menemui hal ini, namun sebisa mungkin jangan pilih daging dalam kemasan styrofoam berbungkus plastik wrap yang menampakkan cairan tersebut.

Ciri-Ciri Daging yang Tidak Layak Dikonsumsi

Bau Tengik atau Tidak Menyenangkan

  1. Tekstur daging licin dan rusak
  2. Warna kebiruan bahkan menghitam
  3. berlendir

Ciri-Ciri Daging Glonggongan

  1. Permukaan daging basah sampai ke serat-seratnya
  2. Jika digantung air akan menetes
  3. Daging berwarna merah pucat

Resep dan Cara Membuat Steak Daging

cara membuat steak daging

Bahan Utama dalam Cara Membuat Steak Daging

  • 3 iris besar steak daging sirloin
  • 3 buah kentang (potong, rebus)
  • 1 buah wortel (potong, rebus)
  • 3 buah buncis (potong, rebus)
  • 1 sdm mentega

Bumbu dalam Cara Membuat Steak Daging

  • 3 sdt kecap asin
  • 3 sdm minyak goreng
  • 1/4 sdt soda kue
  • 3 sdm saus tiram
  • garam dan merica bubuk secukupnya

Bahan dan Bumbu untuk Membuat Saus

  • 1/2 bagian bawang bombay (cincang halus)
  • 1 gelas sedang air
  • 3 sdm tepung meizena
  • garam secukupnya
  • 3 sdm kecap manis
  • 1 sdt kecap inggris
  • 3 sdm saus tomat
  • 2 sdt gula palm

Cara Membuat Steak Daging

  1. Memberikan bumbu atau melumuri daging steak dengan bumbu hingga meresap dan semua bagian daging, baik disisi belakang maupun dibagian depan terlumuri dengan merata oleh bumbu yang sudah terlebih dahulu kita siapkan.
  2. Sesudah daging dilumuri dengan bumbu secara merata. Jangan terlebih dahulu dimasak atau diberikan bahan lain.
  3. Kita diamkan terlebih dahulu daging selama  30 menit agar bumbu yang kita masukkan dan kita lumuri tadi bisa meresap kedalam daging, sehingga ketika kita memanggang daging. Maka bagian daging akan dapat memiliki rasa yang lezat dan nikmat.
  4. Setelah didiamkan dengan waktu 30 menit dan bumbu meresap pada daging secara merata. Barulah anda siap untuk memanggang daging. Untuk memanggang daging steak, jika anda sulit menemukan pemanggang steak atau alat panggangan steak yang khusus.

Anda bisa menggunakan pan atau wajan anti lengket dengan melumuri bagian dasar pan dengan mentega kemudian panggang hingga kecoklatan dan matang.

Cara Membuat Saus Steak

  1. Setelah selesai memanggang daging hingga matang. Selanjutnya kita akan buat saus steaknya. Untuk membuat saus steak, panaskan mentega dalam wajan kemudian tumis bawang bombay hingga tercium bau aroma harum dan bawang menjadi lebih layu.
  2. Jika bawang sudah layu, baru masukkan semua bahan saus kecuali tepung maizena. Aduk-aduk hingga tercampur rata dan tidak ada bagian saus yang menggumpal. Masukkan juga bumbu seperti garam dan gula, kemudian cicipi hingga bumbu dirasa pas.
  3. Bumbu dirasa pas, larutkan tepung maizena dengan sedikit air dan tuangkan pada tumisan saus, aduk-aduk hingga saus mengental dan merata.
  4. Terakhir angkat saus dan siramkan ke daging. Disajikan dengan bahan pelengkap yang ditata di pinggirnya.

Strategi Pemasaran Steak Daging

  1. Ciptakan Sesuatu yang Berbeda

Contohnya saja seperti kesuksesan strategi pemasaran yang dijalankan restoran “Steak Kiloan” di Jakarta Timur, dimana mereka menjual steak berdasarkan berat daging (per kilogram), sehingga para pengunjung bisa memilih sendiri daging sapi yang akan mereka santap dan menyesuaikan ukurannya dengan perut serta kondisi kantong dompet masing-masing.

  1. Menawarkan Pemasaran Kreatif Melalui Situs Pertemanan

Caranya yaitu dengan memberikan satu porsi tiramisu gratis pada setiap pelanggan yang mention @holycowsteak dalam tweetnya. Strategi tersebut cukuplah sukses, sehingga wajar adanya bila setiap hari para konsumen rela mengantri untuk menikmati seporsi steak hotel ala Holycow dan mendapatkan tiramisu gratis dari aktivitas mention yang mereka lakukan.

  1. Libatkan Peran Aktif Para Konsumen

  2. Jadilah solusi bagi permasalahan konsumen Anda

Ketika memasarkan produk ataupun jasa, yang terpenting adalah pahami kebutuhan konsumen dan jadilah solusi bagi permasalahan yang mereka hadapi. Strategi seperti ini bisa Anda lihat dari iklan produk baru Unilever “Pure it” (pemurni air) untuk keluarga yang menggunakan teknologi canggih, sehingga bisa menghasilkan air minum yang aman dikonsumsi tanpa perlu membutuhkan bahan bakar gas maupun listrik.

Demikian resep dan cara membuat steak daging dengan mudah. jangan lupa dicoba dirumah ya. semoga bermanfaat.

Lihat juga artikel cara membuat hotdog  atau cara membuat sosis gulung mie atau cara membuat ayam bakar.