(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Cara membuat roti bakar-Makanan ringan sangat enak dimakan kapan saja.  Bahkan ada saja orang yang baru menyantap makanan utama, tapi kepingin menikmati snack atau makanan ringan lainnya.

Snack atau cemilan yang mudah dan sering dijumpai adalah roti bakar. Tidak heran jika tempat kedai atau tempat nongkrong seringkali banyak dikunjungi oleh kaum muda.

Berbagai topping atau tambahan juga dapat ditambahkan dalam roti. Mulai dari hal sederhan seperti gula, selai, coklat dan masih banyak lagi.  Akan tetapi isi atau varian rasa dalam roti bakar ini dapat ditentukan sesuai selera anda.

Roti Bakar sering kali kita temukan di pinggir jalan raya di Indonesia. Tidak sulit untuk mencari roti bakar karena roti bakar sekarang sudah sangat merajalela dikalangan masyarakat indonesia

Definisi Roti Bakar

Roti bakar panas merupakan lebih rangup dan keras dan dapat menampung hias atas dengan lebih baik. Membakar roti juga merupakan cara umum untuk menjadikan roti yang sudah masuk angin lebih sedap rasanya. Roti bakar biasanya dimakan sebagai sarapan dan sering dihidangkan bersama mentega, keju, ataupun selai.

Manfaat Mengkonsumsi Roti Gandum

  • Mencegah Diabetes

Karena roti gandum terbuat dari gandum utuh yang di mana lebih rendah dalam menghasilkan gula darah dari pada gandum olahan. Sehingga tubuh tidak perlu lagi memproduksi insulin yang berleih untuk mengolah makanan

  • Baik untuk Kesehatan Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi didalam roti gandum dapat bermanfaat dalam menjaga pencernaan agar tetap sehat supa dapat terhindar dari gangguan berbagai penyakit.

  • Baik untuk Perkembangan Otak Janin

Roti gandum mengandung protein dan juga beberapa jenis vitamin yang dibutuhkan oleh ibu hamil dalam menjaga keshatan serta juga dalam perkembangan otak janin yang dikandungnya.

  • Mengurangi Nafsu Makan

Sifat dari roti gandum sendiri yang dapat menjaga perut terasa lebih lama kenyang, sehingga berpengaruh dalam nafsu makan anda.

  • Mencegah Anemia

Karena manfaat roti gandum untuk kesehatan yang terakhir yaitu dapat mencegah gejala dari anemia tersebut.

  • Dapat Menjaga Kesehatan Kulit

Karena jika kita mengkonsumsi roti gandum membuat kulit kita menjadi cerah serta juga bersih, sehingga kita dapat terbebas dari permasalahan kulit.

Peluang Usaha dalam Cara Membuat Roti Bakar

Menjadi seorang pengusaha yang sukses tentu menjadi dambaan setiap wirausahawan. Meskipun kemudian seringkali dicibir karena bermain resiko, nyatanya, bagi seorang yang memiliki mental usaha, maka itu bukanlah suatu penghalang.

Bagi para pengusaha sejati, tidak ada halangan apapun dalam berbisnis yang ada hanyalah ketidak yakinan yang akhirnya membuat langkah menjadi terhenti.

Sebagai pertimbangannya, berikut ini adalah analisis peluang usaha roti bakar

Modal Tetap ( Modal Awal )

Gerobak / Tempat Usaha

 Rp               1,500,000.00

Wajan / Tempat Pengolahan Roti

 Rp                  300,000.00

Kompor gas

 Rp                  300,000.00

Toples

 Rp                     20,000.00

Gau

 Rp                     15,000.00

Pisau

 Rp                       8,000.00

Solet besar 4 biji

 Rp                     20,000.00

Solet Kecil 4 biji

 Rp                     16,000.00

Parutan keju 1 buah @. 8.000

 Rp                       8,000.00

Lain Lain

 Rp                     20,000.00

promosi, Banner

 Rp                  100,000.00

JUMLAH MODAL TETAP

 Rp               2,307,000.00

Pengeluaran Bulanan

Selai strawberry 5 kg @ Rp.7.000,- / Kg

 Rp                     35,000.00

Selai nanas 5 kg @ Rp. 7.000,- / Kg

 Rp                     35,000.00

Simas / Mentega  10 kg

 Rp                     90,000.00

Ceres 10 kg @14.000 / kg

 Rp                  140,000.00

kacang 3 kg @ 14.000 / Kg

 Rp                     42,000.00

susu Cair 40 kaleng

 Rp                  240,000.00

keju 8 biji

 Rp                  112,000.00

plastic 4 bungkus

 Rp                     16,000.00

kertas Alumunium roti 2 pack

 Rp                     30,000.00

Roti 600 biji : .88.000

 Rp               1,200,000.00

Gas 10

 Rp                  150,000.00

JumlahPengeluaran / Bulan

 Rp               1,790,000.00

Pendapatan :

Asumsi dalam satu bulan sebanyak terjual 500 roti dengan harga  Rp. 8.000, – Maka pendapatan yang di dapat adalah :

Pendapatan : 500 x Rp. 8.000.000,- = Rp. 4.000.000,-

Keuntungan = pendapatan – pengeluaran bulanan

                   = Rp. 4.000.000 – Rp. 1,790.000,-

                  = Rp. 2.210.000,-

Dalam menjalankan peluang usaha roti bakar, perlu anda perhatikan beberapa tips yang dapat mempengaruhi penjualan yang akan membuat keuntungan yang anda peroleh semakin besar.

  • Pilihlah Lokasi yang Strategis

    Lokasi menjadi salah satu faktor utama yang menentukan kesuksesan usaha roti bakar. Roti bakar sejatinya memang belum terlalu populer.

Roti ini kurang dikenal didaerah pedesaan yang masih urang tersentuh dengan peradaban maju. Untuk itulah, ada baiknya anda melakukan survey kecil – kecilan untuk menentukan lokasi usaha yang strategis.

  • Be Unique

    jadilah unik. Jangan puas dengan usaha yang sama dengan usaha roti bakar yang lain, jadilah unik sehingga usaha roti bakar anda akan mudah dikenal.

Anda bisa menambah keunikan peluang usaha roti bakar yang anda miliki dengan mendekorasi tempat usaha anda                  dengan nuansa khas. Bisa juga dengan nama usaha yang unik atau bisa juga dengan rasa yang unik sehingga orang              akan ketagihan datang ke tempat anda.

Cobalah berbagai varian rasa baru terutama rasa baru yang belum dijajakan oleh pedagang penjual roti bakar lainnya.

  •  Pelayanan

    Kepuasan konsumen adalah hal paling penting yang harus anda jaga. Anda tidak boleh menyepelekan pelanggan anda. Senyumlah kepada mereka, dan jangan lupakan terima kasih kepada setiap pembeli.

Rencana Pemasaran 

  1. Target Pasar

Tempat usaha yang akan di tempati harus berada di tempat-tempat yang strategis seperti di pinggir jalan utama. Hal itu karena dengan tempat usaha kita berada di tempat yang ramai dan banyak dilewati orang, kami pun akan mudah mendapatkan pembeli. Karena target dari usaha roti bakar kami adalah masyarakat sekitar tempat usaha dan masyarakat yang melewati tempat usaha kita.

  1. Persaingan

Banyak sekali saingan di usaha roti bakar ini, tapi dengan adanya persaingan kita dituntut untuk terus berpikir kreatif supaya usaha yang dijalankan terus berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan. Kita juga harus bersaing secara sehat dan tidak boleh saling menjatuhkan.

  1. Sasaran Pembeli

Sasaran atau target pembeli kita yaitu semua kalangan masyarakat, baik itu kalangan atas, kalangan menengah, dan kalangan bawah. Semua kalangan yang disebutkan pasti mampu untuk untuk membeli roti bakar kami, dikarenakan harga dari roti bakar kami terjangkau dan tidak menguras uang terlalu dalam. Harga untuk roti bakarnya antara 12.000 – 20.000.

Strategi Pemasaran

Ada beberapa strategi yang akan kami jalankan diantaranya

  1. Mulut ke Mulut 

Promosi mulut ke mulut ini bisa dibilang sebagai promosi yang sangat ampuh, dan tidak perlu mengeluarkan uang. Kita hanya dituntut untuk membuat produk yang enak dan membuat pelanggan rindu untuk mencobana lagi, nanti biasanya orang yang sudah merasa cocok dengan produk kita pasti akan merekomendasikan ke keluarga atau teman-temannya

  1. Media Online

Perkembangan dunia online saat ini sangat begitu pesat, kita harus memanfaatkannya sebagai media promosi secara online. Kita bisa berpromosi melalui media sosial seperti facebook, twitter, blog, dan media sosial lainnya. Dengan begitu usaha kita akan banyak diketahui oleh orang lain.

  1. Dengan Cara Pengembangan Pasar

Kita juga harus memikirkan cara mengembangkan pasar selain melakukan strategi-strategi produk. Cara untuk memperluas pasar kita akan membuka cabang baru di daerah yang potensial. Sehingga usaha kita banyak dikenal orang orang banyak dan bisa meningkatkan pendapatan. Kita juga bisa memberikan lowongan pekerjaan baru.

  1. Pengembangan Produk

Untuk pengembangan produk, kita bisa menambahkan rasa yang tidak ada di penjual roti bakar lain. Misalnya rasa durian jarang sekali pedagang roti bakar yang ada menu rasa duriannya. Tentunya dengan harga yang terjangkau.

Analisis SWOT Usaha Roti Bakar

Kekuatan (Strength)

Untuk membuat roti bakar sangatlah simpel dan tidak memerlukan waktu yang lama.Harga dari roti bakar terjangkau, jadi bisa dibeli oleh semua kalangan yang ada di masyarakat.

Roti bakar yang kami sajikan memiliki citarasa yang enak dan gurih, karena dibuat dengan bahan yang berkualitas.Memiliki beragam rasa, jadi para pelanggan nantinya tidak bosan dengan roti bakar yang rasanya itu-itu saja.

Kelemahan (Weakness)

Tempat usaha sangat berpengaruh agar para pembeli bisa dengan mudah membeli roti bakar kami.Pembelian biasanya akan sedikit menurun apabi tejadi cuaca yang buruk.Kenaikan harga sembako yang tidak stabil bisa berpengaruh terhadap daya beli konsumen.

Peluang (Opportunities)

Biasanya masyarakat banyak yang mencari camilan terutama ketika malam hari, maka roti bakar bisa jadi sebagai pilihan makanan untuk camilan di malam hari.

Biasanya para pedagang roti bakar hanya menawarkan rasa yang umum ada di roti bakar lainnya yaaitu rasa cokelat, keju, nanas, kacang, srikaya, strawberry, blue berry, maka oleh karena itu kami akan menambahkan rasa baru agar memiliki lebih banyak rasa dibandingkan dengan pedagang roti bakar lainnya yaitu rasa durian. Jadi masyarakat yang suka dengan durian, roti bakar ini bisa jadi alternatif.

Ancaman (Threats)

Banyaknya usaha sejenis yang menawarkan pelayanan yang lebih baik. Adanya inovasi-inovsi baru yang bisa menarik konsumen ke tempat roti akar lain. Bermunculannya makanan-makanan unik yang bisa mengalihkan pelanggan.

Resep dan Cara Membuat Roti Bakar Bandung

cara membuat roti bakar

Bahan yang Disiapkan dalam Cara Membuat Roti Bakar 

  • 1 loaf roti tawar/roti tawar kasino
  • 50 gram margarin
  • Selai stroberi (sesuai selera)
  • Coklat meses (sesuai selera)
  • Selai coklat (sesuai selera)
  • Susu kental manis
  • Keju kraft

Cara Membuat Roti Bakar Bandung

  1. Kerat roti bakar sebanyak 3 kali sehingga terdapat 4 lapisan.
  2. Buka kerat pertama, oles sisi kanan dengan selai coklat dan kiri roti dengan margarin. Lalu olesi dengan margarin. Lalu olesi dengan selai stroberi,taburi dengan coklat meses, tutupkan.
  3. Panaskan pan anti lengket, lelehkan sedikit margarin. Buka kerat ke dua, panggang hingga kecoklatan. Tutup dan panggang di seluruh sisi roti hingga kecoklatan. Angkat dan beri keju parut dan susu kental manis di atas roti bakar.
  4. Potong-potong dan sajikan dengan segelas minuman hangat teh, susu murni, atau kopi susu.

Setelah saya membagikan resep dan cara membuat roti bakar bandung. Selanjutnya saya akan membagikan resep cara membuat roti bakar yang sederhana. tentu saja resep ini sangat mudah sekali.

cara membuat roti bakar

Bahan yang Disiapkan Cara Membuat Roti Bakar

  • 2 buah roti tawar
  • 2 sdm mentega
  • 50 gr keju parut
  • Coklat meses secukupnya
  • Susu kental manis
  • Arang untuk membakar

Cara Membuat Roti Bakar

  • Oleskan sisi roti tawar yang saling berhadapan dengan mentega sesuai pilihan hingga merata terutama bagian sudut roti.
  • Lumuri bagian yang telah tertutup mentega dengan coklat meses secukupnya. Usahakan agar semua sisi tertutup coklat.
  • Parut keju dan taburi di atas coklat.
  • Rapatkan kedua roti di mana sisinya telah dipenuhi coklat dan keju.
  • Siapkan arang untuk membakar roti.
  • Olesi bagian luar roti dengan mentega agar tidak gosong ketika dibakar.
  • Letakkan roti di atas pemanggangan. Diamkan beberapa saat namun pastikan roti tidak hangus.
  • Balik roti sesekali. Panggang hingga warna berubah.
  • Angkat. Tuang susu kental manis di atas roti bakar.

Nah gimana teman-teman sekalian mudah sekali membuat menu cara membuat roti bakar diatas. Sangat mudah dan praktis disajikan dalam acara keluarga maupun acara penting lainnya.

Demikian artikel saya tentang cara membuat roti bakar. selain roti yang bisa dibakar, ternyata bakso juga bisa dibakar lho. Kunjungi juga artikel cara membuat bakso bakar  atau cara membuat sosis bakar  atau cara membuat bakso bakar. Semoga bermanfaat 🙂